Total Pageviews

Jan 7, 2011

Akibat negatif Game dan Facebook, Bijaksanalah

Meninggal akibat Game

wakil dari firma riset pasar NPD Group yang menakjubkan membuat pengumuman di industri video game DICE Summit 2009 di Las Vegas. Insiders gaming industri tahu bahwa mereka telah melakukan beberapa produk game mengalami pertumbuhan serius, tetapi wahyu 6 juta pelanggan berpotensial mulai bermain video game di 2008 datang sebagai pesan mengejutkan. Konferensi ini juga mengungkapkan bahwa pengguna game online meningkat 2 % sejak tahun 2008.
Semua kegiatan ini telah menyebabkan keprihatinan atas video game addiction. Kekhawatiran ini telah divalidasi pada tahun 2005 ketika seorang anak muda dari Korea Selatan meninggal dunia setelah lama berhemat bermain versi online game Starcraft. Permainan populer di Korea Selatan, dan yang populer gamers revered. laki-laki berumur 28 tahun meninggal tragis. dalam kasus ini ia telah bermain permainan hampir 50 jam langsung di sebuah kafe Internet di Taegu, hanya mengambil istirahat singkat untuk tidur dan menggunakan toilet.dia dilarikan ke rumah sakit karena ia pingsan, namun meninggal sesudahnya. Polisi percaya bahwa penyebab kematian adalah perhentian jantung dibawa oleh kelelahan parah.

Ubah Status Facebook, Nenek 63 Tahun Dibunuh

North Carolina - Seorang nenek berusia 63 tahun terbunuh hanya karena mengumumkan status pertunangannya di Facebook. Peristiwa tragis yang terjadi di North Carolina, Amerika Serikat ini, didalangi oleh mantan pacar korban.

Korban yang teridentifikasi bernama Karen Anne Rooney ditembak sampai tewas oleh mantan kekasihnya, Peter Terrance Moonan. Sesudah menghabisi nyawa korban, tersangka bunuh diri. Tubuh keduanya ditemukan berdampingan dalam keadaan tak bernyawa, seperti dilansir NYDailyNews dan dikutip detikINET, Kamis (2/9/2010).

Menurut polisi setempat, tindakan nekat tersangka kemungkinan karena terbakar api cemburu. Tersangka tak tahan melihat kekasihnya mengumumkan tunangan dengan pria lain via Facebook. Untuk diketahui, tersangka sebelumnya menjalin hubungan cinta selama 16 tahun dengan korban.

Beberapa saat sesudah mereka putus, Rooney menjalin hubungan dengan pria lain yaitu William Jenkins. Mereka akhirnya bertunangan dan mengumumkannya di Facebook, lengkap dengan foto mesra berdua. Inilah yang memicu tersangka menjadi gelap mata.

Bukan kali ini saja perubahan status di Facebook berujung pada kasus pembunuhan. Sebelumnya di Inggris, pernah terjadi pembunuhan seorang wanita karena hal yang sama.

Ketika itu, korban bernama Hayley Jones dibunuh oleh kekasihnya yang sakit hati membaca status Facebook korban. Tersangka merasa sebagai kekasih yang tidak dianggap karena korban mengubah status married menjadi single tanpa persetujuannya.
( fyk / ash ) 


Cemburu Pesan Facebook, Pasangan Disiksa
Jakarta - Seorang pria menjadi gelap mata setelah membaca sebuah pesan pada halaman Facebook pasangannya. Kejadian keji ini dilakukan di depan anak-anak mereka.

Terbakar api cemburu, Anthony Lozano, demikian nama pria asal Hanford, California, Amerika Serikat itu, menyiksa dan mengurung pasangannya selama empat hari dan membiarkan anak-anak mereka melihat semua kejadian tersebut.

Dikutip detikINET dari situs Hanford Sentinel, Selasa (1/9/2010), kepolisian wilayah Kings County segera membekuk pria berusia 36 tahun tersebut di kediamannya atas tuduhan penculikan dan penyiksaan.

Kepala kepolisian Dave Putnam mengatakan, Lozano menuduh korban yang berusia 23 tahun berselingkuh darinya, setelah melihat pesan di Facebook. "Lozano diduga menjambak rambut korban, menyeret, kemudian mengancam akan membunuhnya sebelum akhirnya mencekiknya dengan tali dan handuk," terang Putnam.

Putnam menambahkan saat kejadian anak-anak mereka sedang berada di rumah dan menyaksikan kekejaman Lozano. Akibat kegilaannya, saat ini Lozano berada dalam tahanan penjara di Kings County dengan jaminan sebesar US$ 725.000.
( rns / rou )

Awas ! Gemar main game bahayakan kesehatan

 Jika anda termasuk orang yang sangat menggemari permainan “games online” dan menghabiskan banyak waktu untuknya, berhati-hatilah dan mulailah mengenali dampak-dampak berbahaya dari kegemaran anda tersebut. Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan lebih cenderung memberikan efek negatif dibanding efek positif. Prinsip ini berlaku untuk semua aktivitas normal. Salah satunya adalah bermain game. Terlalu lama main game bisa menurunkan kondisi fisik, dan menyebabkan meningkatnya kejenuhan. Sebuah penelitian sederhana menyebutkan bahwa bermain game lebih dari 2 jam akan menyebabkan keletihan mata. Anda dapat membuktikannya dan jika anda gemar bermain games online tentu anda telah pernah merasakannya. Sekalipun demikian, mata yang lelah terkadang tidak mampu meredam keinginan anda untuk terus bermain.
Bermain game terlalu lama memiliki banyak pengaruh yang buruk bagi kesehatan anda. Berikut beberapa contoh “efek-samping” permainan game online terhadap tubuh (adapted from  here). Setelah mengetahui risiko-risiko ini cobalah untuk mengantisipasinya dengan manajemen waktu yang lebih baik.
Dampak terhadap tubuh
1. Kulit dan rambut
Bermain game online yang dilakukan dalam ruangan membuat tubuh anda tidak mendapatkan banyak sinar matahari. Sementara sinar matahari pagi mengandung manfaat yang sangat baik bagi tubuh, misalnya untuk kulit dan rambut. Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan dan menyegarkan tubuh. Berbeda dengan sinar matahari di sore hari yang hanya akan membakar kulit.
2. Mata
Pengaruh radiasi dari layar monitor bisa melelahkan mata. Apalagi didukung oleh efek cahaya yang ditampilkan dalam sebuah game. Dalam satu kali penglihatan, efek cahaya yang bisa terjadi bisa mencapai ratusan. Ini biasanya bisa menyebabkan perut mual jika kita terus memaksa mata melihat ke layar TV atau monitor. Dan dengan kurangnya pencahayaan dalam ruangan, ini akan menjadi semakin buruk. Walaupun kenampakan efek-khusus dalam game lebih jelas, namun ini akan menjadikan mata lebih cepat lelah. Anda harus menjaga jarak dari layar monitor, dan istirahatkan mata sebelum dan setelah bermain game dalam waktu yang cukup lama.
3. Hidung
Sering sekali ketika bermain game online kita tidak peduli tentang suhu ruangan. Sekalipun ruangan pengap, anda tetap akan melanjutkan bermain game. Sebenarnya menurut opinin para pakar kesehatan, sirkulasi udara yang baik sangat penting.
4. Telinga
Pemain game online biasanya lebih senang bermain dengan menggunakan headset. Karena dengan memakai headset, suara yang didengar lebih tajam dan tidak akan mengganggu orang-orang di sekitar anda. Tetapi perlu diingat, telinga memiliki batas toleransi terhadap suara-suara yang didengar. Ketika menggunakan headset dan volume suara tinggi, bisa menyebabkan masalah pada gendang telinga. Belum lagi dalam sebuah permainan terkadang distorsi suara dijadikan sebagai efek suara. Ini bisa menyebabkan kerusakan pada telinga, juga pada otak. Jadi penggunaan headset hanya baik jika volume suara sedang. Memang volume yang rendah akan mengurangi kenikmatan dalam bermain game, tetapi itu lebih aman.
5. Jantung
Pengaruh main game online terhadap jantung bisa menimpa orang-orang yang lemah terhadap kejutan, yang lazimnya ditampilkan dalam game-game yang bertema horor. Bagi anda yang lemah jantung hindari main game yang bertema horor.
Penyakit-penyakit yang disebabkan oleh main game
6. Osteoporosis
Terlalu lama bermain game menyebabkan aktivitas tubuh menurun. Ini bisa menyebabkan osteoporosis, atau kerapuhan tulang. Penyakit ini biasanya menyerang orang-orang yang sudah tua karena tulangnya kekurangan kalsium. Tetapi di era moderen ini, orang yang mengalami osteoporosis di usia muda sudah banyak. Perhatikan bahwa pola makan yang tidak teratur, dan kurang aktivitas, menjadi penyebab utama.
7. Bawasir
Jika terlalu lama duduk, dan anda kurang minum air, anda akan berisiko untuk mengalami bawasir. Jadi sebelum terlambat, posisikan tubuh anda dengan posisi yang nyaman saat bermain game. Persiapkan alas duduk yang empuk dan hindari alas duduk yang kasar. Dan dari waktu ke waktu gerakkan otot pinggul agar tidak kaku. Selain itu minum banyak air saat duduk lama di depan komputer.
8. Obesitas
Makan merupakan aktivitas yang paling menyenangkan saat bermain game. Akan tetapi jika terlalu banyak makan, dan sudah menjadi kebiasaan, obesitas adalah risikonya. Untuk menghindari ini, hindari minuman dan makanan dengan kandungan MSG tinggi. Untuk lebih amannya, jangan makan terlalu banyak saat bermain game. Tetapi jika sulit dihindari, lebih baik mengganti makanan dengan buah-buahan.
9. Sindrom Carpal Tunnel
Bermain game online paling banyak menggunakan “mouse” dan memberikan tumpuan yang lama pada pergelangan tangan. Akibatnya saraf medianus bisa tertekan dan mengakibatkan sindrom Carpal Tunnel. Jika anda sering merasakan sakit pada pergelangan tangan, tidak kuat menggenggam, atau “mati rasa”, misalnya benda sering terlepas tanpa disadari dari genggaman, maka anda telah mengalami gejala sindrom carpal tunnell dan jika dibiarkan tidak diobati akibat terburuknya adalah kelumpuhan total dan amputasi tangan. (insya Allah akan dibahas secara khusus pada postingan selanjutnya).
Tip-tip menjaga keseatan
10. Hindari makan saat bermain game
Seperti telah disebutkan diatas, kebiasaan makan saat bermain game bisa menyebabkan obesitas. Karena ketika bermain game kita sering tidak menyadari jumlah makanan yang kita makan. Dan hindari kondisi-kondisi dimana tubuh kekurangan aktivitas. Menurut ilmuwan medis, obesitas bisa menyebabkan berbagai penyakit yang sangat merusak bagi tubuh. Batasi terlalu banyak junk-food ketika bermain game, atau ganti dengan makanan bergizi seperti buahbuahan. Juga tingkatkan minum air biasa.
11. Meningkatkan aktivitas tubuh
Olahraga merupakan aktivitas yang baik setelah anda lama bermain game. Ini bisa membuat otot yang kaku menjadi normal kembali dan membuat tubuh anda lebih segar. Dan lemak dari makanan yang dimakan bisa dikurangi. Atau jika anda malas beraktivitas di luar rumah karena hujan misalnya, lakukan gerakan-gerakan senam yang sehat.

No comments:

Post a Comment